Kasih dan Anugerah Allah Tidak Terselami

Bacaan: Hosea 11:1-11
Kunci Sukses: Hanya di dalam Dia kita menemukan    jalan dan hidup.
Memperdalam akar iman: "Sebab Aku ini Allah dan bukan manusia, Yang Kudus di tengah-tengahmu, dan Aku tidak datang untuk menghanguskanmu." (Hosea 11:96)
Bacaan Alkitab Setahun: Yosua 11-12; Kis 21

Seringkali kita berpikir, mengapa Tuhan tidak bertindak tegas terhadap mereka yang jahat, bukankah mereka pantas untuk dihukum? Tetapi kita sebagai manusia yang berasal dari debu, tidak mungkin menyelami pikiran Tuhan yang Maha Besar itu. Tidak sesederhana itu cara Allah berfikir. Karena kebesaran kasih dan anugerah-Nya saja, Allah tidak menumpas dan membinasakan manusia yang melanggar perintah-Nya, sebab Tuhan panjang sabar dan senantiasa memberi kesempatan manusia untuk bertobat.

Memang Tuhan sangat menyesal, jika manusia yang dikasihinya, semakin dipanggil, semakin menjauh dari pada-Nya. Perbuatan Tuhan yang besar Tuhan tunjukkan kepada bangsa Israel, walaupun kedegilan mereka tampak dengan jelas, tetapi kasih-Nya kepada bangsa ini tidak berkesudahan. Walaupun kecewa, Allah berfirman: "Padahal Akulah yang mengajar Efraim berjalan dan mengangkat mereka di tanganKu, tetapi mereka tidak mau insaf, bahwa Aku menyembuhkan mereka. Aku menarik mereka dengan tali kesetiaan, dengan ikatan kasih. Bagi mereka Aku seperti orang yang mengangkat kuk dari tulang rahang mereka; Aku membungkuk kepada mereka untuk memberi mereka makan." (Hosea 11:3-4). Sudah seharusnya kita juga dapat menghargai kasih dan anugerah Tuhan ini dengan mau mengerti bahwa segala persoalan yang kita hadapi bukan Tuhan menghukum kita. Yang Tuhan inginkan ialah agar melalui proses ini, kita dapat kembali kepada Dia. Mungkin di waktu-waktu yang lalu, kita sudah jauh dari Tuhan, maka melalui persoalan yang kita alami, tali kasih-Nya ingin menarik dan mengait kita untuk datang kembali bertelut di bawah kaki-Nya, untuk mendapatkan kembali pemulihan dari pada-Nya. Tuhan tidak punya rencana jahat terhadap kita, dan Dia datang tidak untuk menghanguskan, tetapi Dia berkata: "Pencuri datang hanya untuk mencuri dan membinasakan; Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan." (Yoh. 10:10). Maka jelas sekali, bahwa kasih tidak memanjakan, tetapi kasih mendidik dan mendisiplin, agar umat-Nya tidak tersesat di jalan.

Renungan Terkait

Belum Ada Komentar

Isi Komentar